PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM PENGOBATAN MASAL FILARIASIS DI WILAYAH PUSKESMAS KOTA JAYAPURA

https://doi.org/10.47539/jktp.v2i2.67

Authors

  • Korinus Suweni Program Studi DIII Keperawatan, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jayapura
  • Demianus Tafor Program Studi DIII Keperawatan, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jayapura
  • Sulistiyani Sulistiyani Program Studi DIII Keperawatan, Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jayapura

Keywords:

Filariasis, persepsi, perilaku, pengobatan massal

Abstract

Penyakit kaki gajah (filariasis) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Pemerintah Propinsi Papua telah melakukan upaya untuk mengeliminasi filariasis melalui pencanangan program pengobatan massal selama 5 tahun dimulai tahun 2015 sampai tahun 2020 setiap bulan Oktober. Pelaksanaan program pengobatan massal telah dilakukan selama 2 tahun, untuk itu perlu dikaji persepsi dan perilaku masyarakat tentang program pengobatan massal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran persepsi dan perilaku masyarakat Kota Jayapura tentang program pengobatan massal yang telah dan akan dilakukan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil wawancara dibuat dalam transkrip, dianalisis secara content analysis dan disajikan secara naratif. Persepsi informan terhadap program pengobatan massal filariasis bervariasi ada yang positif, hal ini dipengaruhi oleh pemahaman program dengan baik sehingga ada motivasi keterlibatan aktif, sedangkan ada juga yang negatif, dikarenakan tingkat pemahaman program pengobatan massal yang kurang, sehingga timbul keraguan dan ketakutan terhadap program tersebut. Sama halnya dengan perilaku informan terhadap program pengobatan massal filariasis, ada yang positif karena memiliki pemahaman yang baik maka informan tersebut berperilaku positif dan berperan aktif dalam program pengobatan, sedangkan informan yang berperilaku negatif disebabkan karena memiliki pemahaman yang kurang, sehingga berpengaruh terhadap tindakannya untuk tidak minum obat anti filariasis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dinas Kesehatan Kota Jayapura. (2014). Laporan Kasus Filariasis di Kota Jayapura. Jayapura: Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

Dinas Kesehatan Prov. Papua. (2014). Laporan Kasus Filariasis di Provinsi Papua. Jayapura: Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Permenkes Nomor 94 tahun 2014 tentang Penanggulangan Filariasis (2014).

Machfoedz, I., & Suryani, E. (2003). Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan Yogyakarta: Fitramaya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pusat Data dan Infromasi Kementerian Kesehatan RI. (2016). Filariasis. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Rath, K., Nath, N., Shaloumy, M., Swain, B., Suchismita, M., & Babu, B. (2006). Knowledge and perceptions about lymphatic filariasis: a study during the programme to eliminate lymphatic filariasis in an urban community of Orissa, India. Trop Biomed, 23(2), 156-162.

Rheingans, R. D., Haddix, A. C., Messonnier, M. L., Meltzer, M., Mayard, G., & Addiss, D. G. (2004). Willingness to pay for prevention and treatment of lymphatic filariasis in Leogane, Haiti. Filaria journal, 3(1), 2.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Walgito, B. (2010). Pengantar Umum Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Widoyono. (2008). Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, Dan Pemberantasannya. Surabaya: Erlangga.

Wynd, S., Carron, J., Selve, B., Leggat, P. A., Melrose, W., & Durrheim, D. N. (2007). Qualitative analysis of the impact of a lymphatic filariasis elimination programme using mass drug administration on Misima Island, Papua New Guinea. Filaria journal, 6(1), 1.

Published

2019-08-23

How to Cite

Suweni, K., Tafor, D., & Sulistiyani, S. (2019). PERSEPSI DAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM PENGOBATAN MASAL FILARIASIS DI WILAYAH PUSKESMAS KOTA JAYAPURA. JURNAL KEPERAWATAN TROPIS PAPUA, 2(2), 101–105. https://doi.org/10.47539/jktp.v2i2.67

Issue

Section

Articles