BUDAYA SUKU DANI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA (STUDI KASUS)

https://doi.org/10.47539/jktp.v1i2.38

Authors

  • Saparaddin Latu Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya

Keywords:

Budaya, KB, implementasi, Partisipasi, Komunikasi, Suku Dani.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menemukan Budaya Suku Dani dalam mengimplementasikan program Keluarga Berencana dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (Rapid Etnografi Assesment) dengan jumlah informan sebanyak enam belas orang (16). Pemilihan informan dengan cara snowball sampling, pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam (In-depth Interview), observasi, telaah dokumen, Focus Group Discussion (FGD), Analisis data dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga berencana dalam budaya Suku Dani yang telah dilaksanakan dan diaktualisasikan dalam kehidupan keseharian mereka dari turun temurun antara lain: kepercayaan dalam prinsip hidup; perkawinan menurut hukum adat (Inyagugi apik), nilai relasi (Nege), nilai membagi, nilai kesetiaan, nilai kerja (Yabu). Prinsip teguh dan patuh terhadap perintah adat telah dilaksanakan secara turun-temurun dengan sistem pemerintahan adat (Klen). Wesakun memimpin upacara-upacara adat keagamaan dengan menggunakan benda-benda keramat. Hukum adat yang dipraktekkan secara efektif memiliki hubungan langsung atau tidak langsung melalui prilaku pengambilan keputusan. Pandangan nilai anak dan jenis kelamin terhadap variabel antara yaitu usia pernikahan pertama dan pemilihan pasangan pada Masyarakat Suku Dani. Keterlibatan pemerintah dan lintas sektor dalam pengembangan peran serta masyarakat melakukan program dan komunikasi yang efektif tentang KB dan kependudukan merupakan salah satu pendekatan yang dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pengaturan kelahiran dan kualitas SDM demi peningkatan kualitas hidup Masyarakat Suku Dani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. (2008). Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta.

Depkes-RI. (2006) Penyeliaan Fasilitatif Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Depkes RI.

Florus, P. (1998). Pemberdayaan Masyarakat. Penerbit Institute of Dayakologi Research and Development (IDRD). Pontianak.

Hamzah, J. (1999). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Kemandirian Wilayah. UNHAS-UNCEN, Jayawijaya.

Rahail, J. (2015). Kajian Partisipasi Stakeholders Lokal dalam Pelaksanaan Program KB di Kabupaten Jayapura Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Papua. Jayapura: Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Papua.

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar: Kementerian Kesehatan RI.

Rudito, B. (2003). Akses Peran Serta Masyarakat, Lebih Jauh Memahami Community Development. Jakarta: ICSD.

Satori, D. A., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Alfabeta.

YLKI, & Foundation, T. F. (1995). Keluarga Berencana dari perspektif Perempuan. Jakarta: YLKI dan The Ford Foundation.

Published

2018-12-31

How to Cite

Latu, S. (2018). BUDAYA SUKU DANI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA (STUDI KASUS). JURNAL KEPERAWATAN TROPIS PAPUA, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.47539/jktp.v1i2.38

Issue

Section

Article Research