HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN PERAWAT DAN PENERAPAN KOMPETENSI PENDOKUMENTASIAN PROSES KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOK II JAYAPURA

https://doi.org/10.47539/jktp.v1i1.15

Authors

  • Marselius Fatie Program Studi DIII Keperawatan Timika, Poltekkes Kemenkes Jayapura, Mimika
  • Zeth Roberth Felle Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Jayapura

Keywords:

Tingkat pendidikan, kompetensi pendokumentasian, keperawatan, Jayapura

Abstract

Dokumentasi yang baik mencerminkan kualitas perawatan dan yang membuktikan pertanggung jawaban setiap anggota tim perawatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan penerapan kompetensi perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dok II Jayapura. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross seksional (potong lintang). Adapun sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi ruang rawat nginap yang ada di RSUD Dok II Jayapura yang berjumlah 434 orang, namun metode pengambilan sampling yang digunakan adalah secara purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa item identitas pasien yang paling banyak diisi dengan nilai 36,7%, riwayat kesehatan 26,7%, pemeriksaan fisik, pola kebiasaan dan data penunjang didapatkan hasil yang sama yaitu 6,7%, sedangkan untuk data psikologis, data sosial, dan data spiritual masing-masing 3,3%. presentase pencatatan masing-masing item yang dinilai adalah sebagai berikut: Pencatatan tanggal dan jam 53,3%, identitas perawat dan nomor urut diagnosa diperoleh hasil yang sama 50%, dan sifat diagnosa keperawatan aktual/risiko 43,3%, diagnosa keperawatan sesuai dengan rumusan PES/PE 40%, sedangkan pencatatan untuk data subjektif dan objektif didapatkan nilai 10%. Pada item penulisan intervensi berdasarkan prioritas 46,7%, intervensi keperawatan dibuat dengan rumusan tujuan 40% dan tujuan dibuat dengan kriteria SMART 23,3%. Item pencatatan jam 60%, tanggal 53,3%, sedangkan tindakan dibuat dengan rumusan tujuan dan tindakan kolaborasi menunjukkan nilai yang sama 50%, pencatatan identititas perawat 36,7%, respon klien terhadap tindakan 3,3%, dan untuk revisi tindakan berdasarkan evaluasi didapatkan 0% karena tidak ada yang melakukan pencatatan untuk bagian ini. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pendokumentasian asuhan keperawatan, dimana dari sisi kuantitas pencatatan lebih sering dilakukan oleh perawat dengan latar belakang pendidikan DIII keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaro, R. (1998). Applyng nursing process : A step - by – step guide. (4th-ed). Philadelphia : Lippincott – Raven Publishers.

Ali, Z. (2001). Dasar-dasar keperawatan profesional. Jakarta : Widya Medika.

Burns and Groups (2001). The practise of nursing research : conduct, critique, and utilization. Philadhelpia: WB Sounders.

Carpenito, L., J. (1999). Nursing Diagnosis: Aplication to clinical practice (4 th ed). Philedelphia : Lippincott Company

Danim, S. (2003). Riset keperawatan: Sejarah dan metodologi. Jakarta : EGC

Doenges ( 2000). Application of Nursing Process and Nursing Diagnosis: An interactif text for diagnosatic reasoning. Philadelphia: F. A. Davis Company.

Effendi. (1998). Pengantar proses keperawatan. Jakarta: EGC

Fiscbach, T., F.(1991). Documenting care : Communication. the nursing process and dokumentation standars. Philadelphia : F. A. Davis Company.

Kurniawan. (2000). Analisis kelengkapan dokumentasi proses keperawatan pada pasien hepatitis di RSUP dr. Sarjito Yogyakarta. Diambil pada 24 Oktober 2006 dari http://www. gilib. litbang. depkes. go. id /go.php? di=jkpkbppk-gdl-res-2000.

Marelli, T. M. (2000), Nursing documentation handbook (4th-ed). St. Louis: Mosby, Inc.

Nursalam. (2001). Proses dan dokumentasi keperawatan : Konsep dan praktik. Jakarta : Salemba Medika

Pollit, Beck & Hungker. (2001). Essentials of nursing research : Methods, appraisals, and utilization. Philadelphia : Lippincott.

Potter, R. A., Perry, A.G. (2005). Fundamentals of nursing : Concepts, prosess, and practice. (4th-ed). (Yulianti, D& Ester, M. Editor ). Jakarta : EGC ( Sumber asli diterbitkan tahun 1997).

Swansburg, R. C. (2000). Pengantar kepemimpinan dan manajemen keperawatan: untuk perawat klinik. (Terjemahan). Jakarta: EGC.

Published

2018-09-30

How to Cite

Fatie, M., & Felle, Z. R. (2018). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN PERAWAT DAN PENERAPAN KOMPETENSI PENDOKUMENTASIAN PROSES KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOK II JAYAPURA. JURNAL KEPERAWATAN TROPIS PAPUA, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.47539/jktp.v1i1.15

Issue

Section

Articles